Jadi Ngiler Lihat Manfaat Catur

Jadi Ngiler Lihat Manfaat Catur
Oleh: Ajun Pujang Anom

Akhir-akhir ini, anak-anak didik saya, nggak cowok nggak cewek demen main catur saat istirahat. “Wah ini hal yang bagus,” pikir saya. Mengapa bisa disebut hal yang bagus? Tahu sendiri kan yang namanya catur? Di dalam catur terdapat bejibun manfaat. Biar yang baca tulisan ini, tak susah-susah cari Google tentang apa saja manfaatnya. Saya buat list di bawah ini:

1. Meningkatkan konsentrasi
Siapa sih guru yang tak ingin muridnya berkonsentrasi dalam belajar? Tentu tak ada bukan? Melalui catur, anak terlatih untuk fokus dalam melihat berbagai peluang yang ada dan dapat mengolahnya agar memperoleh kemenangan. Jika ini terjadi dalam situasi pembelajaran, guru takkan kesulitan dalam membimbing siswa.

2. Mempertajam Daya Ingat
Otomatis jika mudah berkonsentrasi, pasti mudah dalam mengingat. Ini sebuah korelasi yang tak terbantahkan.

3. Melatih Kesabaran
Saat bermain catur, anak-anak tak mungkin terburu-buru dalam melakukannya. Pasti butuh waktu berpikir. Dan tentu saja ini memerlukan waktu yang lama. Hal inilah yang mampu membuat anak menjadi lebih sabar.

4. Memunculkan Kreativitas
Bermain catur sama dengan belajar menerapkan strategi. Sebab di catur, anak membayangkan bagaimana langkah-langkah selanjutnya. Serta memperkirakan apa yang akan terjadi. Apabila terbiasa dengan tindakan tadi, anak akan mudah menciptakan gagasan-gagasan baru.

5. Mendongkrak Kecerdasan
Jika anak memiliki konsentrasi yang bagus, daya ingat yang kuat, kesabaran yang tinggi, dan penuh kreativitas. Maka anak ini, jelas akan dianugerahi kecerdasan intelektual, emosional, sekaligus spiritual. Sebab di permainan catur, anak tidak saja belajar memahami permainan itu sendiri, tetapi juga memahami siapa yang menjadi lawan mainnya.

Baru lima manfaat saja, sudah menggiurkan. Padahal ini belum diulik secara keseluruhan. Bisa-bisa kalau dikupas semuanya, akan ada usulan tentang ekskul catur. Bahkan lebih tinggi, dimasukkan ke dalam kurikulum. Menjadi salah satu mapel yang wajib diajarkan. 😁😁😁😁

Bojonegoro, 18 Maret 2019

Tinggalkan Balasan