Belajar Asyik Pakai Akrostik

Belajar Asyik Pakai Akrostik
Oleh: Ajun Pujang Anom

Untuk membuat siswa menjadi lebih tertarik kepada materi pelajaran, guru dapat menempuh berbagai cara. Salah satunya dengan memakai puisi akrostik. Tentunya ada yang bertanya, “Apakah puisi akrostik itu?

Puisi akrostik adalah salah satu jenis puisi modern yang telah lama berkembang di Indonesia. Puisi ini dalam pembuatannya memakai kata atau kalimat tertentu. Dari kata atau kalimat tadi dibentangkan ke bawah. Jadi tiap baris terdiri dari huruf awal kata atau kalimat itu sendiri. Puisi akrostik, kalau melihat bentuknya bisa disebut puisi inisial.

Untuk lebih jelasnya, dapat melihat contoh berikut ini:
F ikir difikir
I lmu ini sebenarnya mudah
S emua hal yang dibahas, dialami sehari-hari
I ni tentunya mengasyikan
K alau ada yang bilang bikin jenuh
A dalah anggapan yang salah

Bagaimana tertarik untuk melakukannya di kelas? Jangan bilang, “Saya bukan Guru Bahasa Indonesia, mana mampu membuat seperti itu?“. Untuk membuat puisi seperti ini, tak harus guru Bahasa Indonesia. Guru mapel dan jenjang apapun, pasti bisa. Yang penting ada niat dan ikhtiar. Seperti apa yang telah diterapkan oleh seorang rekan guru SMA yang mengampu mapel IPA. Nyatanya beliau bisa dan mampu.

Ini membuktikan, bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin. Pendekatan belajar dengan puisi akrostik ini, hanya salah satu cara saja. Kita harus menggunakan beragam teknik dan strategi pembelajaran, agar siswa menjadi paham. Bukankah itu hal yang wajar dilakukan guru, untuk memajukan pendidikan murid-muridnya?

Bojonegoro, 18 Maret 2019

Tinggalkan Balasan